Langsung ke konten utama

Setting karbu irit , kecang

Selamat datang di blog sderhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikrl tentang Tata Cara Setting/Menyetel Karburator Motor Matic Biar Kencang Tetap Irit. Sebenarnya setting atau menyetel karburator motor itu mudah, bisa dilakukan semua orang tetapi kalau menyetelnya dengan cara yang asal-asalan malah mengakibatkan performa motor tidaka pas, bensin boros, dan bisa ngempos tidak ada tenaganya. Setting atau Menyetel Karburator sangat dibutuhkan ketelitian yang pas supaya motor bisa kencang tetapi bensin tetap irit. Nah untuk itu ikuti panduan-panduan di blog ini untuk menyetel karburator motor matic anda biar pas.
Tata Cara Setting atau Menyetel Karburator Motor Matic Biar Kencang Tetap Irit
 Selain Menyetel Karburator sebaiknya juga dibersihkan komponen-komponen yang bersangkutan seperti Filter Bensin, Filter Udara sebelumnya juga harus dibersihkan dari kotoran yang menempel atau kerak-kerak pada komponen tersebut supaya aliran udara dan aliran bensin menjadi lancar jaya. selain itu part-part kecil di karburator juga harus dibersihkan seperti Pilot jet dan Main jet karena kebersihan adalah segalanya.


Oke, setelah semua komponen karburator sudah dibersihkan maka anda harus memasang seperti semula pastikan posisinya tepat, agar tidak ada kendala pada saat menyeting nanti.

Langsung saja simak panduan-panduan Tata Cara Setting/Menyetel Karburator Motor Matic Biar Kencang Tetap IritLihat yang dibawah ini :
  1. Putar ke kanan setelan angin sampai
tidak bisa diputar (mentok/menutup) selanjutnya putar kembali ke arah sebaliknya sekitar 2 - 2,5 putaran, setelan ada pada lobang kecil pada bodi sebelah kanan motor matik.
  • Kemudian dilanjutkan dengan penyetelan gas sampai mendekati 3000 sampai dengan 5000 putara per menit / RPM, Anda bisa setel pada lobang kecil terdapat pada kotak di sekitar jok motor matic.
  • Nyalakan mesin dan setting karburator motor matik sampai mendapatkan setelan yang pas kalau bisa Anda sesekali blayer-blayer gasnya
  • Disarankan supaya Anda menyetting baut angin sampai dengan posisi suara mesin terdengar tinggi, dan tentunya tidak ada suara tembal pada knalpot meskipun kecil.


  • Setelah setting suara mesin pada posisi tinggi segera turunkan setelan baut gas sampai pada posisi idle dan mesin tidak gampang mati. Untuk motor matic putaran mesinnya 1300 sampai dengan 1600 RPM, Anda setel pada lobang kecil di sekitar box pada jok motor ya.
  • Cara stel karburator untuk memastikan setting karburator sudah optimal maka cek beberapa kali dengan handle gas diputar. dengarkan raungan mesin
  • Sesudah Anda menemukan pengaturan posisi idle mesin tidak gampang mati, khusus motor matic terdengar suara putaran roler weight yang tidak lagi didengarkan pada RPM yang kecil, nah dengan setting motor seperti ini maka penggunaan BBM biar irit
  • Apabila motor matic mati pada posisi idle maka sebaiknya mengulangi proses cara setting karburator motor matic, memang butuh sedikit tenaga namun hasilnya adalah mesin yang irit BBM. Selamat belajar membongkar dan menyetel roda dua Anda
  • Demikianlah artikel tentang Tata Cara Setting/Menyetel Karburator Motor Matic Biar Kencang Tetap Irit. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu beserta wawasan untuk anda. Jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di blog ini ya.
    Sekian dari saya terima kasih

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Cara pasang Lampu HID motor mio

    Selasa 10 oktober 2017 Kali ini Penulis mau bebagi seputar pemasangan Lampu HID di Motor Yamaha MIO keluaran tahun 2007. Mungkin ada sebagian orang yang takut untuk pasang Lampu HID di motor yamaha mio ini. Pasalnya untuk pengisian di Motor Yamaha Mio lama ini masih minim alias kecil. Dengan daya penampung aki 5Amp, namun untuk pengisian pada motor yamaha mio lama ini masih sangat kecil atau standart dari kiprok hanya berkapasitas 3Amp untuk menyuplai aki tersebut. Banyak yang menyarankan diganti pakai Kiprok Tiger dan Merangkai jalur spull menjadi Fullwave..?? Memang cara tersebut bisa mengatasi masalah aki tekor pada saat menggunakan Lampu HID di Motor Yamaha MIO lama, namun jika ada cara yang lebih praktis kenapa tidak...!! Namun perlu diperhatikan untuk instalasi perubahaan system kelistrikan lampu dr AC ke DC jangan sampai terjadi kesalahan. Karena bisa-bisa aki bukannya mengisi malahan akan terbuang alias Tekor. Untuk kali ini penulis mencoba cara yang mudah unt...

    Cara setting Vakum udara mio

    Bengkulu. Apakah Anda merasa performa skutik kesayangan agak menurun atau memperlihatkan gejala aneh kayak knalpot nembak waktu gas ditutup? Bisa jadi settingan karburatornya berubah tuh. Atau lantaran pengabut bahan bakar tersebut pernah diutak-atik sendiri, terutama setelan anginnya, tapi ternyata tidak tepat.  Maklum, karburator skutik umumnya menganut jenis vakum. Di mana bukaan throttle alias skepnya, berdasarkan tingkat kevakuman di ruang bakar. Sehingga untuk nyetting setelan udaranya butuh keakuratan dan teknik khusus. Apalagi yang mengaplikasi sistem choke otomatis serta injeksi udara untuk mengurangi kadar emisi gas buang kayak Honda Vario, BeAT, Scoopy, Yamaha Mio, Xeon dan sebagainya.  Maka lazimnya masing-masing pabrikan menganjurkan untuk tidak melakukan penyetelan pada pilot air screw. Karena dari pabrik sudah di-setting pada kondisi yang ideal dengan menimbang faktor emisi gas buangnya.  “Kecuali bila karburator telah dibongkar dan pilot air screw-...

    Bikin MIO lebih kencang , tapi tetap irit

    # Roller Part ini posisinya ada di balik puli depan (primary sliding shave) jumlahnya ada 6 buah, berat yang standar adalah 10,6 gram, kalau pakai bobot yang lebih ringan dari standar, efeknya akselerasi di putaran bawah jadi lebih enteng, kalo pake yang lebih berat untuk mengejar top speed, tinggal pilih sesuai kebutuhan dan keinginan.  Di pasaran tersedia bobot 5-12 gram, untuk merek TDR harga satuannya sekitar Rp. 15.000. Rumah roller (Primary sliding shave) Part ini sebagai tempat roller, untuk optimalisasi bisa dengan cara menghaluskan alur roller dengan amplas lalu kemudian dipoles menggunakan  autosol , sehingga alur menjadi licin. Efeknya roller lebih mudah terlempar, sehingga akselerasi menjadi ringan. Kalo mau lebih praktis bisa beli merek  Kitaco . Dalam satu paket berisi puli sekalian 2 macam bobot roller(7,5 gr dan 10 gr). #V- Belt Pakai belt dengan endurance yang tinggi dan tidak mudah slip atau mengendur. Sehingga bisa mengurangi  pow...