Langsung ke konten utama

Cara pasang Hazard (sein lurus) pada Motor

Halo sobat, apa kabar hari ini?
Kali ini saya akan berbagi tips mengenai cara membuat lampu hazard pada motor. Sudah tahukan apa yang disebut dengan lampu hazard? itu lho, lampu sein yang nyala bersamaan yang ada pada mobil. Cukup menekan tombol segitiga merah maka lampu sein akan nyala bersamaan. Fungsinya untuk memberitahukan bahwa kendaraan dalam keadaan darurat seperti mogok, ganti ban, kecelakaan dan lain-lain.
Pada kendaraan roda dua memang tidak disediakan penggunaan lampu hazard, namun demikian seringkali pemilik kendaraan memodifikasi motornya agar lampu seinnya nyala seperti lampu hazard pada mobil.

Sebenarnya untuk membuat lampu sein nyala semua cukup sederhana. Anda cukup menghubungkan antara lampu sein kiri dengan lampu sein kanan. Hanya saja flasher pada kendaraan roda dua tidak mampu kuat untuk menguatkan keempat lampu sein. Flasher itu sendiri berfungsi untuk mengedipkan lampu yang ada pada rangkaian lampu sein. Untuk membuat lampu hazard pada motor solusinya adalah dengan mengganti flasher menggunakan flasher mobil. Anda tidak perlu khawatir aki tekor, atau akan merusak komponen lain, dampak yang akan timbul mungkin hanya kedipan lampu akan lebih cepat jika hanya menghidupkan dua buah lampu sein.
Motor anda ingin memiliki lampu hazard seperti pada mobil? tapi tidak tahu caranya? tenang, cukup ikuti langkah membuat lampu sein nyala semua berikut ini.
Flasher mobil
Flasher kaki 3
Untuk memulainya anda bisa mengikuti cara berikut ini.
  1. Siapkan alat dan bahannya yakni flasher mobil, kabel, saklar, solasi dan obeng.
  2. Cari letak flasher motor, Letak flasher pada motor berbeda-beda namun pada motor bebek pada umumnya terletak di sebelah kanan dekat dengan aki. Jika masih bingung silahkan hidupkan lampu sein dan flasher akan berbunyi “tiktok tiktok”
  3. Jika sudah ketemu bongkar flasher dan ganti dengan flasher mobil. Pada flasher mobil terdapat tiga kaki. dua kaki bisa langsung disambungkan dengan soket dan kaki satunya disambungkan menggunakan kabel ke body motor
  4. Setelah terpasang coba hidupkan lampu sein, maka lampu sein akan nyala seperti semula hanya saja kedipannya sedikit lebih cepat.
  5. Untuk membuat keempat lampu menyala maka bongkar batok lampu cari kabel positif kedua lampu sein. Kalau sudah ketemu sambungkan kabel tersebut. Agar lampu sein tetap bisa digunakan seperti sedia kala maka gunakan saklar pada sambungannya
  6. Selesai. Lampu hazard sudah jadi. Sekarang geser saklar pada posisi ON lalu hidupkan lampu sein maka keempat lampu sein akan menyala. Untuk menonaktifkannya cukup geser saklar ke posisi “OFF”. Maka lampu sein akan normal seperti semula

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang Lampu HID motor mio

Selasa 10 oktober 2017 Kali ini Penulis mau bebagi seputar pemasangan Lampu HID di Motor Yamaha MIO keluaran tahun 2007. Mungkin ada sebagian orang yang takut untuk pasang Lampu HID di motor yamaha mio ini. Pasalnya untuk pengisian di Motor Yamaha Mio lama ini masih minim alias kecil. Dengan daya penampung aki 5Amp, namun untuk pengisian pada motor yamaha mio lama ini masih sangat kecil atau standart dari kiprok hanya berkapasitas 3Amp untuk menyuplai aki tersebut. Banyak yang menyarankan diganti pakai Kiprok Tiger dan Merangkai jalur spull menjadi Fullwave..?? Memang cara tersebut bisa mengatasi masalah aki tekor pada saat menggunakan Lampu HID di Motor Yamaha MIO lama, namun jika ada cara yang lebih praktis kenapa tidak...!! Namun perlu diperhatikan untuk instalasi perubahaan system kelistrikan lampu dr AC ke DC jangan sampai terjadi kesalahan. Karena bisa-bisa aki bukannya mengisi malahan akan terbuang alias Tekor. Untuk kali ini penulis mencoba cara yang mudah unt...

Cara setting Vakum udara mio

Bengkulu. Apakah Anda merasa performa skutik kesayangan agak menurun atau memperlihatkan gejala aneh kayak knalpot nembak waktu gas ditutup? Bisa jadi settingan karburatornya berubah tuh. Atau lantaran pengabut bahan bakar tersebut pernah diutak-atik sendiri, terutama setelan anginnya, tapi ternyata tidak tepat.  Maklum, karburator skutik umumnya menganut jenis vakum. Di mana bukaan throttle alias skepnya, berdasarkan tingkat kevakuman di ruang bakar. Sehingga untuk nyetting setelan udaranya butuh keakuratan dan teknik khusus. Apalagi yang mengaplikasi sistem choke otomatis serta injeksi udara untuk mengurangi kadar emisi gas buang kayak Honda Vario, BeAT, Scoopy, Yamaha Mio, Xeon dan sebagainya.  Maka lazimnya masing-masing pabrikan menganjurkan untuk tidak melakukan penyetelan pada pilot air screw. Karena dari pabrik sudah di-setting pada kondisi yang ideal dengan menimbang faktor emisi gas buangnya.  “Kecuali bila karburator telah dibongkar dan pilot air screw-...

Bikin MIO lebih kencang , tapi tetap irit

# Roller Part ini posisinya ada di balik puli depan (primary sliding shave) jumlahnya ada 6 buah, berat yang standar adalah 10,6 gram, kalau pakai bobot yang lebih ringan dari standar, efeknya akselerasi di putaran bawah jadi lebih enteng, kalo pake yang lebih berat untuk mengejar top speed, tinggal pilih sesuai kebutuhan dan keinginan.  Di pasaran tersedia bobot 5-12 gram, untuk merek TDR harga satuannya sekitar Rp. 15.000. Rumah roller (Primary sliding shave) Part ini sebagai tempat roller, untuk optimalisasi bisa dengan cara menghaluskan alur roller dengan amplas lalu kemudian dipoles menggunakan  autosol , sehingga alur menjadi licin. Efeknya roller lebih mudah terlempar, sehingga akselerasi menjadi ringan. Kalo mau lebih praktis bisa beli merek  Kitaco . Dalam satu paket berisi puli sekalian 2 macam bobot roller(7,5 gr dan 10 gr). #V- Belt Pakai belt dengan endurance yang tinggi dan tidak mudah slip atau mengendur. Sehingga bisa mengurangi  pow...