Langsung ke konten utama

Penyebab motor matik brebet,

Andri.Ozyel

Motor brebet adalah keadaan dimana kita menarik gas tapi laju motor malah tersendat-sendat, mirip saat kehabisan bahan bakar. Selain mengganggu kenyamanan saat berkendara, mengalami motor brebet juga memalukan apalagi kalau di jalan yang ramai.

Masalah ini bisa dialami oleh semua jenis kendaraan baik motor bebek, motor gede, motor matic bahkan mobil sekalipun. Tarikan motor yang tersendat bisa terjadi baik itu RPM/ putaran rendah, tengah ataupun tinggi. Ada beberapa penyebab motor brebet yang menyebabkan gas terasa tersendat sendat, semuanya bisa diatasi dengan mudah

Penyebab Motor Brebet

Pada kendaraan yang terkena penyakit "brebet", mesin motor tiba-tiba kehilangan daya yang akhirnya menyendat-nyendat. Faktor utama yang menyebabkannya adalah kurangnya perawatan terhadap mesin motor.


Kalau sudah terlanjur brebet segeralah cek beberapa bagian dari motor di bawah ini,

Cek Busi
Jika gas motor tersendat ketika musim hujan maka kemungkinan besar penyebab motor brebek adalah busi yang kotor. Seperti kita ketahui busi adalah bagian yang bertanggung jawab pada sistem perapian pada kendaraan jadi kalau ada masalah disana jelas laju motor akan terganggu.
Penyebab Motor Brebet - Gas Tersendat-sendat Ketika Berkendara
©  enoanderson.wordpress.com
Coba buka cek keadaan busi lalu bersihkan dengan kain lap bersih, selanjutnya tes tarikan gas motor baik di putaran rendah ataupun tinggi. Kalau masih brebek, bisa saja busi sudah tidak bagus dan mau tidak mau harus diganti dengan yang baru.

Cek Bahan Bakar
Sebelumnya ingat-ingat apakah anda membeli bahan bakar di tempat yang "kurang terpercaya" akhir-akhir ini! Jika iya maka ada kemungkinan, bahan bakar telah dioplos oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Kalau yakin sumber masalahnya bahan bakar maka sebaiknya mengeluarkan semuanya dari tangki dan karburator lalu menggantinya dengan yang baru. Belilah di tempat yang terpercaya seperti Stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU)

Bahan bakar yang tidak cocok dengan spesifikasi motor juga bisa berpengaruh pada performa. Pilihlah bahan bakar dengan oktan yang pas dengan yang dibutuhkan motor. Tidak ada salahnya membeli pertamax, kualitasnya bagus sebanding dengan harganya.

Cek Karburator
Karburator adalah salah bagian dari sistem pembakaran motor yang bertugas untuk pemasukan bahan bakar ke silinder sehingga bisa mengatur cepat lambatnya laju motor. Biasanya kerusakan terjadi pada needle yang mengatur keluar masuknya bahan bakar dan floater yang menjaga agar bahan bakar tetap dalam mangkuk karburator.

Sama halnya dengan busi, karburator bisa kemasukkan air jika ada melewati jalan yang banjir atau salah saat mencuci. Kalau ini terjadi maka anda harus mengeluarkan semua bahan bakar bercampur air lalu memasangnya kembali.

Cek Fuel Pump
Saat gas motor tersendat-sendat, fuel pump biasanya kotor sehingga tidak dapat memberikan tekanan bensin yang tidak pas, bisa terlalu tinggi atau terlalu rendah. Cobalah cek kekencangan fuel pump motor yang brebet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang Lampu HID motor mio

Selasa 10 oktober 2017 Kali ini Penulis mau bebagi seputar pemasangan Lampu HID di Motor Yamaha MIO keluaran tahun 2007. Mungkin ada sebagian orang yang takut untuk pasang Lampu HID di motor yamaha mio ini. Pasalnya untuk pengisian di Motor Yamaha Mio lama ini masih minim alias kecil. Dengan daya penampung aki 5Amp, namun untuk pengisian pada motor yamaha mio lama ini masih sangat kecil atau standart dari kiprok hanya berkapasitas 3Amp untuk menyuplai aki tersebut. Banyak yang menyarankan diganti pakai Kiprok Tiger dan Merangkai jalur spull menjadi Fullwave..?? Memang cara tersebut bisa mengatasi masalah aki tekor pada saat menggunakan Lampu HID di Motor Yamaha MIO lama, namun jika ada cara yang lebih praktis kenapa tidak...!! Namun perlu diperhatikan untuk instalasi perubahaan system kelistrikan lampu dr AC ke DC jangan sampai terjadi kesalahan. Karena bisa-bisa aki bukannya mengisi malahan akan terbuang alias Tekor. Untuk kali ini penulis mencoba cara yang mudah unt...

Cara setting Vakum udara mio

Bengkulu. Apakah Anda merasa performa skutik kesayangan agak menurun atau memperlihatkan gejala aneh kayak knalpot nembak waktu gas ditutup? Bisa jadi settingan karburatornya berubah tuh. Atau lantaran pengabut bahan bakar tersebut pernah diutak-atik sendiri, terutama setelan anginnya, tapi ternyata tidak tepat.  Maklum, karburator skutik umumnya menganut jenis vakum. Di mana bukaan throttle alias skepnya, berdasarkan tingkat kevakuman di ruang bakar. Sehingga untuk nyetting setelan udaranya butuh keakuratan dan teknik khusus. Apalagi yang mengaplikasi sistem choke otomatis serta injeksi udara untuk mengurangi kadar emisi gas buang kayak Honda Vario, BeAT, Scoopy, Yamaha Mio, Xeon dan sebagainya.  Maka lazimnya masing-masing pabrikan menganjurkan untuk tidak melakukan penyetelan pada pilot air screw. Karena dari pabrik sudah di-setting pada kondisi yang ideal dengan menimbang faktor emisi gas buangnya.  “Kecuali bila karburator telah dibongkar dan pilot air screw-...

Bikin MIO lebih kencang , tapi tetap irit

# Roller Part ini posisinya ada di balik puli depan (primary sliding shave) jumlahnya ada 6 buah, berat yang standar adalah 10,6 gram, kalau pakai bobot yang lebih ringan dari standar, efeknya akselerasi di putaran bawah jadi lebih enteng, kalo pake yang lebih berat untuk mengejar top speed, tinggal pilih sesuai kebutuhan dan keinginan.  Di pasaran tersedia bobot 5-12 gram, untuk merek TDR harga satuannya sekitar Rp. 15.000. Rumah roller (Primary sliding shave) Part ini sebagai tempat roller, untuk optimalisasi bisa dengan cara menghaluskan alur roller dengan amplas lalu kemudian dipoles menggunakan  autosol , sehingga alur menjadi licin. Efeknya roller lebih mudah terlempar, sehingga akselerasi menjadi ringan. Kalo mau lebih praktis bisa beli merek  Kitaco . Dalam satu paket berisi puli sekalian 2 macam bobot roller(7,5 gr dan 10 gr). #V- Belt Pakai belt dengan endurance yang tinggi dan tidak mudah slip atau mengendur. Sehingga bisa mengurangi  pow...