Langsung ke konten utama

CARA MENGATASI SUARA TIKUS PADA MOTOR

Andri.Ozyel.Yamaha Mio


Untuk mengatasi suara berdecit pada CVT ini, sebenarnya tidaklah sulit loch Brosis, cukup buka bagian CVT dan didalam terdapat Secondery, dan tempatnya terletak di bagian paling belakang. Di dalam Secondery terdapat beberapa komponen. 

Namun komponen yang menyebabkan suara berdecit ialah Cluth Housing (Mangkok Kopling), dan di bagaian Cluth Housing ini terdapat lem unutk merekatkan Cessing dan Cluth Housing tersebut. Mengurangya daya rekat Lem dapat menyebabkan suara decit, untuk menghindari suara berdecit, mengatasinya ialah cukup kita lumasi kembali Lem Alteco atau Lem Epotec.

CVT Yamaha Mio
CVT Yamaha Mio

Cluth Housing Yamaha Mio
Cluth Housing Yamaha Mio
Catatan : Gambar Cluth Housing Yamaha Mio diatas menerangkan bahwa pada bagian sisi-sisi antara Cessing dan Cluth Housing Yamaha Mio di rekatkan oleh Lem Besi. Maka dari itu tambahkan Lem Besi baru suapaya daya rekatnya kuat kembali, agar suara berdecit hilang.

Mengatsi Getaran atau Gegar pada CVT


Mengatasi getaran atau gegar pada CVT mio, penyakit seperti ini yang perlu di perhatikan ialah tingkat ke-Ausan pada Loler, dan kotoran atau debu yang terdapat di Cluth Housingnya, akibat gesekan antara kanvas koplinga maka menghasilkan gegar pada saat motor berjalan santai atau mengadat-ngadat CVT-nya.

Mengatasinya ialah cukup gantikan loler yang mengalami ke-Ausan, tetapi lebih baik ganti satu seet atau ganti semuanya, dan loler yang terdapat pada CVT Yamaha terdapat 6 Buah.

Rumah Loler CVT
Rumah Loler CVT

 Loler CVT
Loler CVT

Sementara untuk sisa debu yang di hasilkan oleh gesekan antara Cluth Housing dan Kanvas Kopling, mengatasinya cukup dengan mebersihkannya dengan Alkohol di bagian dalam Cluth Housing.

Cluth Housing
Cluth Housing

Yang Terakhir ialah Mengatasi Putaran Selip pada CVT 

Untuk putaran yang sering Selip pada CVT All Yamaha Mio, ialah tak jauh-jauh lagi penyebabnya ialah V-belt licin pada permuakaannya, atau bisa juga Cluth Housing mengandung kotoran (debu) yang lembab dan melekat di bagian sisi dalam, ini inti dari penyebab putaran selip, mengatasinya cukup dengan bersihkan.

 

melihat dua inti dari penyebabnya yaitu  Cluth Housing dan V-belt cara mengatasinya :

  • Untuk mengatsiCluth Housingialah cukup bersihkan permukaan bagian dalam yang kotor karna debu dan kotoran lembab yang menempel padaCluth Housing.
  • Untuk mengatasi V-belt yang licin pada permukaanya hamplaslah secukupnya dan hati-hati jangan terlalu menekan, cukup hilangan kotoran yang menempel, pada bagian pinggir yang tergesek/tersliding.
V-belt Mio
V-belt : Sedang di bersihkan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang Lampu HID motor mio

Selasa 10 oktober 2017 Kali ini Penulis mau bebagi seputar pemasangan Lampu HID di Motor Yamaha MIO keluaran tahun 2007. Mungkin ada sebagian orang yang takut untuk pasang Lampu HID di motor yamaha mio ini. Pasalnya untuk pengisian di Motor Yamaha Mio lama ini masih minim alias kecil. Dengan daya penampung aki 5Amp, namun untuk pengisian pada motor yamaha mio lama ini masih sangat kecil atau standart dari kiprok hanya berkapasitas 3Amp untuk menyuplai aki tersebut. Banyak yang menyarankan diganti pakai Kiprok Tiger dan Merangkai jalur spull menjadi Fullwave..?? Memang cara tersebut bisa mengatasi masalah aki tekor pada saat menggunakan Lampu HID di Motor Yamaha MIO lama, namun jika ada cara yang lebih praktis kenapa tidak...!! Namun perlu diperhatikan untuk instalasi perubahaan system kelistrikan lampu dr AC ke DC jangan sampai terjadi kesalahan. Karena bisa-bisa aki bukannya mengisi malahan akan terbuang alias Tekor. Untuk kali ini penulis mencoba cara yang mudah unt...

Cara setting Vakum udara mio

Bengkulu. Apakah Anda merasa performa skutik kesayangan agak menurun atau memperlihatkan gejala aneh kayak knalpot nembak waktu gas ditutup? Bisa jadi settingan karburatornya berubah tuh. Atau lantaran pengabut bahan bakar tersebut pernah diutak-atik sendiri, terutama setelan anginnya, tapi ternyata tidak tepat.  Maklum, karburator skutik umumnya menganut jenis vakum. Di mana bukaan throttle alias skepnya, berdasarkan tingkat kevakuman di ruang bakar. Sehingga untuk nyetting setelan udaranya butuh keakuratan dan teknik khusus. Apalagi yang mengaplikasi sistem choke otomatis serta injeksi udara untuk mengurangi kadar emisi gas buang kayak Honda Vario, BeAT, Scoopy, Yamaha Mio, Xeon dan sebagainya.  Maka lazimnya masing-masing pabrikan menganjurkan untuk tidak melakukan penyetelan pada pilot air screw. Karena dari pabrik sudah di-setting pada kondisi yang ideal dengan menimbang faktor emisi gas buangnya.  “Kecuali bila karburator telah dibongkar dan pilot air screw-...

Bikin MIO lebih kencang , tapi tetap irit

# Roller Part ini posisinya ada di balik puli depan (primary sliding shave) jumlahnya ada 6 buah, berat yang standar adalah 10,6 gram, kalau pakai bobot yang lebih ringan dari standar, efeknya akselerasi di putaran bawah jadi lebih enteng, kalo pake yang lebih berat untuk mengejar top speed, tinggal pilih sesuai kebutuhan dan keinginan.  Di pasaran tersedia bobot 5-12 gram, untuk merek TDR harga satuannya sekitar Rp. 15.000. Rumah roller (Primary sliding shave) Part ini sebagai tempat roller, untuk optimalisasi bisa dengan cara menghaluskan alur roller dengan amplas lalu kemudian dipoles menggunakan  autosol , sehingga alur menjadi licin. Efeknya roller lebih mudah terlempar, sehingga akselerasi menjadi ringan. Kalo mau lebih praktis bisa beli merek  Kitaco . Dalam satu paket berisi puli sekalian 2 macam bobot roller(7,5 gr dan 10 gr). #V- Belt Pakai belt dengan endurance yang tinggi dan tidak mudah slip atau mengendur. Sehingga bisa mengurangi  pow...