Langsung ke konten utama

Penyebab motor mio ngadat

Dua Perkara Yamaha Mio Karbu Ngeden! Solusinya?


Andri.Ozyel, Entah harus gimana lagi, biarpun motor udah diajak pol-polan, tapi motor larinya ogah-ogahan. Motor yang ngalamin gejala kayak gini, ibarat penyakitan udah seperti kena asma. Ada dua perkara yang bisa bikin Yamaha Mio versi karburator mengalami susah nafas seperti ini bradsis. Tenang, ME jembrengin solusinya juga kok.
Gejala ngeden pada skutik Yamaha Mio yang masih memakai sistem pembakaran karburator bisa diakibatkan karena dua perkara ini bradsis. “Satu, bisa pada bagian vakum karburator dan kedua adalah pada bagian kampas ganda CVT,” bilang Rudi Arisandi dari MJ-Speed.
Menurutnya, gejala ngeden yang kerap dialamin sebagian pembesut skutik pabrikan garpu tala ini karena jarang service atau males ngecek dua peranti itu, khususnya pada bagian vakumnya. “Gejala ngeden seperti itu, biasanya karena vakum bolong atau robek karena termakan usia. Kadang, skep vakum juga kotor dan vakum pun enggak bekerja dengan optimal,” kata Jilai, panggilan akrab Rudi.
Brader Jilai juga nambahin, buat perkara kedua, yaitu ampas ganda CVT, peranti ini hanya sekadar ngalamin keausan aja, bradsis. “Solusinya gampang, tinggal ganti aja meski biaya yang dikeluarkan cukup lumayan, yaitu Rp 300 ribuan untuk suku cadang aslinya,” ujar Jilai yang bisa ditemuin di Jl. Raya Curug, Diklat Pemda, Tangerang, Banten.
Sementara solusi buat vakum yang udah kebolong-bolongan, cukup ditambal aja pakai lem berbahan dasar dari karet dan dioleskan secara merata, bradsis. “Jadi, kalau lem sudah mengering, lem akan menyatu dan alot. Lem seperti menjadi karet. Lem seperti ini bermacam merek, contohnya seperti lem dari Dextone,” timpal Jilai.
“Beda lagi buat yang udah robek ya, itu harus diganti. Di bengkel-bengkel penyedia spare part, vakum orisinal Yamaha Mio bisa ditebus kisaran Rp 150 ribuan. Nah, buat skep vakum yang kotor, cukup dibersihkan, biar vakum naik turun seperti normal kembali,” tambah Jilai.
Sekarang jangan sampai deh brad n sist ngalamin hal seperti demikian. Udah kerasa kan gimana rasanya ngejar-ngejar waktu mepet. Belum macetnya, tuh. Jadi, enggak harus service berdasarkan hitungan jarak yang udah ditempuh. Cek seminggu atau dua minggu sekali, enggak ada salahnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang Lampu HID motor mio

Selasa 10 oktober 2017 Kali ini Penulis mau bebagi seputar pemasangan Lampu HID di Motor Yamaha MIO keluaran tahun 2007. Mungkin ada sebagian orang yang takut untuk pasang Lampu HID di motor yamaha mio ini. Pasalnya untuk pengisian di Motor Yamaha Mio lama ini masih minim alias kecil. Dengan daya penampung aki 5Amp, namun untuk pengisian pada motor yamaha mio lama ini masih sangat kecil atau standart dari kiprok hanya berkapasitas 3Amp untuk menyuplai aki tersebut. Banyak yang menyarankan diganti pakai Kiprok Tiger dan Merangkai jalur spull menjadi Fullwave..?? Memang cara tersebut bisa mengatasi masalah aki tekor pada saat menggunakan Lampu HID di Motor Yamaha MIO lama, namun jika ada cara yang lebih praktis kenapa tidak...!! Namun perlu diperhatikan untuk instalasi perubahaan system kelistrikan lampu dr AC ke DC jangan sampai terjadi kesalahan. Karena bisa-bisa aki bukannya mengisi malahan akan terbuang alias Tekor. Untuk kali ini penulis mencoba cara yang mudah unt...

Cara setting Vakum udara mio

Bengkulu. Apakah Anda merasa performa skutik kesayangan agak menurun atau memperlihatkan gejala aneh kayak knalpot nembak waktu gas ditutup? Bisa jadi settingan karburatornya berubah tuh. Atau lantaran pengabut bahan bakar tersebut pernah diutak-atik sendiri, terutama setelan anginnya, tapi ternyata tidak tepat.  Maklum, karburator skutik umumnya menganut jenis vakum. Di mana bukaan throttle alias skepnya, berdasarkan tingkat kevakuman di ruang bakar. Sehingga untuk nyetting setelan udaranya butuh keakuratan dan teknik khusus. Apalagi yang mengaplikasi sistem choke otomatis serta injeksi udara untuk mengurangi kadar emisi gas buang kayak Honda Vario, BeAT, Scoopy, Yamaha Mio, Xeon dan sebagainya.  Maka lazimnya masing-masing pabrikan menganjurkan untuk tidak melakukan penyetelan pada pilot air screw. Karena dari pabrik sudah di-setting pada kondisi yang ideal dengan menimbang faktor emisi gas buangnya.  “Kecuali bila karburator telah dibongkar dan pilot air screw-...

Bikin MIO lebih kencang , tapi tetap irit

# Roller Part ini posisinya ada di balik puli depan (primary sliding shave) jumlahnya ada 6 buah, berat yang standar adalah 10,6 gram, kalau pakai bobot yang lebih ringan dari standar, efeknya akselerasi di putaran bawah jadi lebih enteng, kalo pake yang lebih berat untuk mengejar top speed, tinggal pilih sesuai kebutuhan dan keinginan.  Di pasaran tersedia bobot 5-12 gram, untuk merek TDR harga satuannya sekitar Rp. 15.000. Rumah roller (Primary sliding shave) Part ini sebagai tempat roller, untuk optimalisasi bisa dengan cara menghaluskan alur roller dengan amplas lalu kemudian dipoles menggunakan  autosol , sehingga alur menjadi licin. Efeknya roller lebih mudah terlempar, sehingga akselerasi menjadi ringan. Kalo mau lebih praktis bisa beli merek  Kitaco . Dalam satu paket berisi puli sekalian 2 macam bobot roller(7,5 gr dan 10 gr). #V- Belt Pakai belt dengan endurance yang tinggi dan tidak mudah slip atau mengendur. Sehingga bisa mengurangi  pow...