Langsung ke konten utama

Cara pasang led 3 Sisi


Buat GanBro yang ingin pasang Lampu Utama LED di motor kesayangannya, berikut ada tips dari kami. Sebelum melakukan pemasangan, ada baiknya diperhatikan kondisi kendaraan / motor GanBro terlebih dahulu. Yang harus diperhatikan diantaranya :
  1. Kondisi Aki harus masih OKE.
  2. Pastikan kondisi Kiprok Aslinya masih bekerja dengan baik.
  3. Kenali dan cari posisi Kiprok motor.

Apabila kedua poin diatas sudah tidak ada masalah, GanBro langsung bisa eksekusi merubah kelistrikan lampu menjadi DC di Motor. Langkah awal, kita persiapkan dahulu bahan-bahan yang diperlukan, diantaranya :
  • Obeng dan kunci pas untuk buka bodi Motor
  • Obeng minus kecil / benda runcing ( Untuk mencongkel skun )
  • Kabel AWG / kabel dengan kualitas baik sepanjang 1-2 meter ( sesuai kebutuhan )
  • Solasi listrik
Nah, jika semua sudah siap, mari kita langsung eksekusi saja.
  1. Buka bodi yang dibelakangnya terdapat kiprok pada motor GanBro
  2. Buka soket kiprok asli yang ada di motor
  3. Congkel dan cabut kabel warna kuning di soket kiprok menggunakan  Obeng minus kecil / benda runcing. Kabel kuning ini lalu dibungkus dengan solasi.
  4. Cari kabel dari spull motor GanBro, lalu congkel kabel pengisian ke lampu yang dari atas / BUKAN DARI SPULL ( Honda biasanya warna kuning garis putih ).
  5. Lalu sambungkan kabel tersebut dengan kabel tambahan yang sudah dipersiapkan dari awal.
  6. Nah, setelah disambung, pasang kabel tambahan tersebut ke kabel kontak motor GanBro. Pada umumnya berwarna hitam untuk sepeda motor honda, kuning dengan garis oranye untuk sepeda motor suzuki dan merah bergaris hitam untuk sepeda motor yamaha.
  7. Pastikan sambungan kabel tadi dibungkus dengan rapi menggunakan solasi listrik.
Ok, sekarang kelistrikan lampu sudah DC. Tinggal cara pasang LED 3 Sisi GanBro. Umumnya LED 3 Sisi hanya memiliki 3 kabel.
  • Putih ==>> Lampu Dekat
  • Biru ==>> Lampu jauh
  • Hijau ==>> Ground / Massa
Setelah dipasang sesuai instruksi diatas, led dijamin akan awet dan tetap terang. 
Mudah bukan untuk pemasangan Lampu Utama LED 3 Sisi. Dengan cara ini dipastikan aki GanBro tidak akan tekor. Sebagai saran dari kami agar listrik yang didapat LED 3 Sisilebih maksimal, ganti saja lampu senjalampu sein dan rem GanBro dengan LED. Karena daya yang dihasilkan jauh lebih kecil dibandingkan bohlam aslinya.

Hasil pemasangan LED 3 Sisisebelah di Vario CW



    Semoga Berhasil

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Cara pasang Lampu HID motor mio

    Selasa 10 oktober 2017 Kali ini Penulis mau bebagi seputar pemasangan Lampu HID di Motor Yamaha MIO keluaran tahun 2007. Mungkin ada sebagian orang yang takut untuk pasang Lampu HID di motor yamaha mio ini. Pasalnya untuk pengisian di Motor Yamaha Mio lama ini masih minim alias kecil. Dengan daya penampung aki 5Amp, namun untuk pengisian pada motor yamaha mio lama ini masih sangat kecil atau standart dari kiprok hanya berkapasitas 3Amp untuk menyuplai aki tersebut. Banyak yang menyarankan diganti pakai Kiprok Tiger dan Merangkai jalur spull menjadi Fullwave..?? Memang cara tersebut bisa mengatasi masalah aki tekor pada saat menggunakan Lampu HID di Motor Yamaha MIO lama, namun jika ada cara yang lebih praktis kenapa tidak...!! Namun perlu diperhatikan untuk instalasi perubahaan system kelistrikan lampu dr AC ke DC jangan sampai terjadi kesalahan. Karena bisa-bisa aki bukannya mengisi malahan akan terbuang alias Tekor. Untuk kali ini penulis mencoba cara yang mudah unt...

    Cara setting Vakum udara mio

    Bengkulu. Apakah Anda merasa performa skutik kesayangan agak menurun atau memperlihatkan gejala aneh kayak knalpot nembak waktu gas ditutup? Bisa jadi settingan karburatornya berubah tuh. Atau lantaran pengabut bahan bakar tersebut pernah diutak-atik sendiri, terutama setelan anginnya, tapi ternyata tidak tepat.  Maklum, karburator skutik umumnya menganut jenis vakum. Di mana bukaan throttle alias skepnya, berdasarkan tingkat kevakuman di ruang bakar. Sehingga untuk nyetting setelan udaranya butuh keakuratan dan teknik khusus. Apalagi yang mengaplikasi sistem choke otomatis serta injeksi udara untuk mengurangi kadar emisi gas buang kayak Honda Vario, BeAT, Scoopy, Yamaha Mio, Xeon dan sebagainya.  Maka lazimnya masing-masing pabrikan menganjurkan untuk tidak melakukan penyetelan pada pilot air screw. Karena dari pabrik sudah di-setting pada kondisi yang ideal dengan menimbang faktor emisi gas buangnya.  “Kecuali bila karburator telah dibongkar dan pilot air screw-...

    Bikin MIO lebih kencang , tapi tetap irit

    # Roller Part ini posisinya ada di balik puli depan (primary sliding shave) jumlahnya ada 6 buah, berat yang standar adalah 10,6 gram, kalau pakai bobot yang lebih ringan dari standar, efeknya akselerasi di putaran bawah jadi lebih enteng, kalo pake yang lebih berat untuk mengejar top speed, tinggal pilih sesuai kebutuhan dan keinginan.  Di pasaran tersedia bobot 5-12 gram, untuk merek TDR harga satuannya sekitar Rp. 15.000. Rumah roller (Primary sliding shave) Part ini sebagai tempat roller, untuk optimalisasi bisa dengan cara menghaluskan alur roller dengan amplas lalu kemudian dipoles menggunakan  autosol , sehingga alur menjadi licin. Efeknya roller lebih mudah terlempar, sehingga akselerasi menjadi ringan. Kalo mau lebih praktis bisa beli merek  Kitaco . Dalam satu paket berisi puli sekalian 2 macam bobot roller(7,5 gr dan 10 gr). #V- Belt Pakai belt dengan endurance yang tinggi dan tidak mudah slip atau mengendur. Sehingga bisa mengurangi  pow...